Main Menu

BEI Siapkan Langkah Tegas Terhadap Perusahaan yang Di-Suspend

didi
07-08-2018 13:47

Ilustrasi(Shutterstock/re1)

Jakarta, Gatra.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal mengambil langkah tegas kepada perusahaan-perusahaan tercatat yang sahamnya dihentikan sementara (suspend) perdagangannya hingga dua tahun lebih.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, IGD Nyoman Yetna mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah melakukan evaluasi emiten-emiten yang telah di-suspend lebih dari dua tahun. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui lebih jauh keberlangsungan perusahaan tersebut.

“Kami akan panggil, Direktur Utama, Komisaris Independen, pemilik atau pemegang saham pengendalinya untuk kita tanyakan rencana ke depan dengan buat time table dan kapan mereka lakukan,” ujarnya di Jakarta, Selasa (7/8).

BEI pun bakal memantau pelaksanaan rencana kerja yang telah disampaikan tersebut. Apabila emiten bersangkutan tak melakukan rencananya, maka operator bursa akan mengambil langkah tegas dengan melakukan penghapusan paksa (delisting) saham emiten tersebut dari papan perdagangan.

“Jika itu [rencana kerja] tidak terpenuhi, kami harus melakukan tindakan yang paling kami hindari yaitu delisting,” ujarnya.

Adapun emiten-emiten yang mengalami suspend lebih dari dua tahun dan mengalami permasalahan keberlangsungan usaha adalah PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk (TRUB) dan PT Bara Jaya Internasional Tbk (ATPK).


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Iwan Sutiawan

didi
07-08-2018 13:47