Main Menu

Tiga Alasan The FED Pertahankan Suku Bunga

Dani Hamdani
18-09-2015 08:02

Federal Reserve (AFP/ Karen Bleier)

Washington, GATRANews - The Federal Reserve pada Kamis menolak untuk menaikkan suku bunga acuannya, tetap mempertahankan suku bunga federal fund di nol yang telah diparkir sejak krisis keuangan 2008.



Berikut adalah kutipan penting dari pernyataan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) tentang alasan pengambilan keputusan tersebut seperti dilaporkan kantor berita AFP:


1. Mengapa tidak ada kenaikan suku bunga?

"Perkembangan ekonomi dan keuangan global terbaru mungkin sedikit menahan kegiatan ekonomi dan cenderung memberikan tekanan turun lebih lanjut pada inflasi dalam waktu dekat," katanya.

"Komite terus melihat risiko-risiko terhadap prospek aktivitas ekonomi dan pasar tenaga kerja karena hampir seimbang tetapi sedang memantau perkembangan-perkembangan luar negeri."


2. Keadaan ekonomi AS

Data "menunjukkan bahwa kegiatan ekonomi berkembang pada kecepatan yang moderat," kata pembuat kebijakan The Fed.

Mereka mengatakan belanja rumah tangga dan investasi tetap bisnis telah meningkatkan "moderat", sektor perumahan "telah meningkat lebih lanjut" tetapi ekspor bersih telah menjadi "lemah".


3. Pada pekerjaan dan inflasi

"Pasar tenaga kerja terus membaik, dengan kenaikan lapangan pekerjaan yang kuat dan pengangguran menurun. Pada keseimbangan, indikator-indikator pasar tenaga kerja menunjukkan bahwa underutilization (pemanfaatan tidak maksimum) sumber daya tenaga kerja telah berkurang sejak awal tahun ini," katanya.

"Inflasi terus berjalan di bawah tujuan jangka panjang Komite, sebagian mencerminkan penurunan dalam harga energi dan dalam harga impor non-energi," kata FOMC, yang dianggap "efek sementara".


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
18-09-2015 08:02