Main Menu

Pemerintah Pakai Obligasi untuk Konservasi Terumbu Karang

Januar
21-09-2015 13:57

Upaya pelestarian terumbu karang yang rusak (ANTARA/Dewi Fajriani)

Jakarta, GATRAnews - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan, Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan meluncurukan surat utang, Obligasi Ritel Indonesia seri ORI12. Penerbitan surat utang ini ditujukan untuk untuk pelestarian terumbu karang di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta.   

Tahun ini, tema yang diusung pada ORI12 adalah “Terumbu Karang, Investasi Masa Depan” yang melanjutkan kepedulian kepada lingkungan seperti seri ORI sebelumnya.

Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menjelaskan ORI12 merupakan alternatif investasi bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, ORI12 juga ditujukan untuk memperluas basis investor, dan mendorong partisipasi masyarakat untuk membiayai negaranya sendiri. “Karena ORI akan dipakai untuk memperkuat belanja negara, yang utamanya untuk pelayanan ke masyarakat, khususnya masyarakat yang kurang beruntung,” katanya saat peluncuran ORI12 di Aula Djuanda, Kementerian Keuangan, Senin (21/09).

Sebagai informasi, tingkat kupon ORI12 adalah sebesar 9% per tahun, yang dibayarkan bulanan. Pembayaran kupon yang pertama akan dilakukan pada 15 November 2015, dan jatuh tempo pada 15 Oktober 2018. Ada 21 agen penjual yang ditunjuk untuk melakukan penjualan ORI12.

Rencananya, Agen Penjual ORI12 akan mengadakan kegiatan marketing ke 27 kota di seluruh Indonesia termasuk kota-kota di wilayah Indonesia Tengah dan Timur seperti di Palu, Timika, Tahuna, dan Sorong.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Nur Hidayat

Januar
21-09-2015 13:57