Main Menu

OJK: IHSG Masuki Tahap Stabil

didi
19-10-2015 21:33

Indeks Harga Saham Gabungan (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Jakarta, GATRAnews - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mulai memasuki fase stabil, kendati perekonomian Indonesia diterpa berbagai tantangan baik dari dalam maupun global. "Memang saat ini, kondisi perekonomian kita masih banyak tantangan. Seperti, pertumbuhan ekonomi melambat dan IHSG berfluktuasi tajam. Tetapi sekarang ini sudah mulai memasuki masa yang stabil, dan ke depan tidak berfluktuasi yang dalam lagi," kata Nurhaida, Kepala Eksekutif Bidang Pengawasan Pasar Modal OJK, di Jakarta, Senin (19/10).

Menurut Nurhaida, terjaganya stabilitas IHSG yang cenderung menguat sampai akhir tahun ini, lebih besar dipengaruhi oleh faktor domestik terkait koordinasi dan peluncuran paket kebijakan pemerintah, OJK dan Bank Indonesia.

Meski IHSG mulai bergerak stabil, jelas Nurhaida, sejauh ini pihaknya belum akan mencabut kebijakan pembelian kembali (buyback) saham tanpa RUPS. "Aturan buyback masih kami biarkan dahulu," ujarnya.

Ia mengatakan, pencabutan aturan buyback saham akan dilakukan OJK setelah ada kajian yang bisa meyakini bahwa OJK mampu bertahan di level positif. "Kalau dari analisis kami IHSG bisa bertahan, maka (aturan buyback) itu bisa dicabut," katanya.

Namun, kata dia, pihaknya masih membiarkan aturan buyback itu tetap berlaku, sehingga bisa menjadi penyangga jika IHSG berbalik melemah. "Selama ini buyback tanpa RUPS ini sudah menjadi penyangga, dan bisa tetap menjadi penyangga jika ada pelemahan," jelasnya.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
19-10-2015 21:33