Main Menu

Jelang Kenaikan The Fed, Kadin Imbau Indonesia Berhati-hati

didi
15-12-2015 17:58

Federal Reserve (AFP/Karen Bleier)

Jakarta, GATRAnews - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed yang akan menaikkan tingkat suku bunga akan memengaruhi perekonomian Indonesia. Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani menjelaskan, kenaikan Fed Fund Rate yang akan berlangsung bertahap, membuat Indonesia harus berhati-hati. Terlebih untuk menjaga nilai tukar, inflasi dan perekonomian.

"Dengan adanya kenaikan Fed dan tentunya gradual di 2016 dan 2017, kita harus hati-hati. Buat kami kestabilan nilai tukar, inflasi, perekonomian, jadi lebih penting," kata Rosan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/12).

Ia menjelaskan, saat ini BI dan pemerintah telah melakukan antisipasi terhadap gejolak ekonomi global. Abtisipasi tersebut dapat dilihat dari berbagai kebijakan yang dikeluarkan baik oleh otoritas moneter maupun otoritas fiskal.

Rosan menuturkan, Kadin berharap agar tahun depan nilai tukar rupiah serta perekonomian jauh lebih stabil. Dengan begitu, para pengusaha akan lebih baik dalam menentukan rencana perusahaan ke depannya.

"Kalau kami lihat langkah yang dilakukan BI sudah sangat baik. Beliau sangat hati-hati dalam mengambil keputusan. Kalau dilihat inflasi juga sudah sangat baik, dibandingkan tahun lalu. Kita lebih mengharapkan kestabilan mata uang dan ekonomi. Sehingga pengusaha planning perusahaannya akan lebih baik," pungkasnya.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
15-12-2015 17:58