Main Menu

Pelaku Pasar Yakin IHSG Kembali ke 5.000 pada 2016

didi
28-12-2015 16:44

Indeks Harga Saham Gabungan (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Jakarta, GATRAnews - Banyak kalangan memprediksikan laju indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indoensia (BEI) tahun 2016 akan lebih baik dari tahun 2015. IHSG diyakini bakal berada di atas level 5.000 dengan keyakinan ditopang positifnya pertumbuhan ekonomi.

Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat mengapresiasi besarnya optimisme pelaku pasar bila kondisi pasar modal akan lebih baik. Menurut Samsul, dirinya senada dengan kebanyakan para pelaku pasar bila tahun depan IHSG akan lebih baik dari tahun ini.

"Indikator-indikator makroekonomi pada tahun 2016 cukup positif, itu memberikan harapan bagi investor saham baik lokal maupun asing sehingga akan mendukung kinerja pasar modal untuk mencatatkan kinerja positif," ujarnya, di Jakarta, Minggu (27/12).

Ia mengatakan, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 tercatat belanja negara pemerintah pusat serta daerah yang mencapai Rp2.095,7 trilyun yang diharapkan dapat dimaksimalkan penggunaannya sehingga menopang perekonomian domestik.

"Salah satu hal yang menjadi perhatian utama investor adalah belanja pemerintah melalui APBN," katanya.

Bergeraknya perekonomian domestik, lanjut dia, akan mendorong perusahaan melakukan ekspansi untuk mengembangkan usahanya. Dengan demikian, dibutuhkan modal pendukung. Dalam hal ini, perusahaan dapat memanfaatkan pasar modal untuk meraih dana ekspansi mengingat mulai terbatasnya pendanaan melalui perbankan.

"Perusahaan membutuhkan dana ekspansi. Pasar modal dapat menyediakan pendanaan secara jangka panjang. Mudah-mudahan mereka memanfaatkan pasar modal," tuturnya.

Samsul Hidayat mengemukakan, BEI menargetkan jumlah perusahaan yang akan melaksanakan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) sebanyak 35 emiten pada tahun 2016. Target itu lebih tinggi daripada tahun ini sebanyak 22 perusahaan.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
28-12-2015 16:44