Main Menu

XL Anggarkan Belanja Modal Rp7 Trilyun

didi
02-02-2016 13:39

XL Axiata (ANTARA/Zabur Karuru)

Jakarta, GATRAnews - PT XL Axiata Tbk menganggarkan dana belanja modal (capital expenditure/capex) Rp7 trilyun pada tahun ini. Dana capex akan digunakan untuk pengembangan 4G LTE dan Information Technology (IT). "Kami anggarkan capex untuk pengembangan bisnis di sepanjang tahun ini. Dana capex sebesar Rp7 trilyun untuk pengembangan LTE dan IT," ujar Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO XL, di Jakarta, Selasa (2/2).

Dian menjelaskan, porsi capex untuk LTE dan IT tidak sama. Menurutnya, sebesar 60% untuk pengembangan LTE, dan sisanya 40% untuk pengembangan IT.

"Dana capex kami peroleh dari kas internal, karena sepanjang tahun memang kami dapatkan dari kas internal. Kami tidak pernah gunakan dari pinjaman," jelas Dian.

Dana capex di tahun ini, kata Dian, memang terbilang sama bila dibanding belanja modal di 2015. Namun, angka belanja modal di tahun lalu tidak terserap penuh yang hanya mencapai Rp4,1 trilyun.

"Awal memang Rp7 trilyun, tapi memang yang hanya digunakan sebesar Rp4,1 trilyun di tahun lalu. Kami gunakan untuk memperbaiki produk portofolio kami. Sehinggga kami menghasilkan uang. Dengan model lama, kapasitas yang diperlukan jauh lebih rendah. Tender LTE kami juga dapat lebih rendah. Jadi banyak yang kita dapatkan LTE di tahun lalu," tuturnya.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
02-02-2016 13:39