Main Menu

Tapera Dorong BTN Turunkan Suku Bunga

didi
04-02-2016 19:57

Bank Tabungan Negara (Dok.GATRA/Abdul Malik)

Jakarta, GATRAnews - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendukung rencana pemerintah dan DPR menyelesaikan Rancangan Undang-undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) menjadi UU. Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, dengan adanya Tapera maka perbankan akan mendapat dana murah dan jangka panjang. Imbasnya, perseroan bisa menurunkan suku bunga dan masyarakat lebih mudah mendapat rumah.

"Prinsipnya BTN mendukung proses RUU jadi UU Tapera. Pertimbangannya kalau terwujud mendapat dana berbiaya murah dan dan jangka panjang, bisa menurunkan suku bunga drastis dan tidak jadi beban masyarakat khususnya KPR subsidi," kata Maryono, di Jakarta, Kamis (4/2).

Namun, Maryono menuturkan, sebaiknya Tapera hanya dimanfaatkan oleh bank-bank yang menyalurkan pembiayaan KPR. Jika tidak, pihaknya khawatir justru dimanfaatkan menjadi pembiayaan yang mahal.

"BTN mengharapkan, kalau berjalan dana Tapera akan dimanfaatkan bank pembiayaan KPR yang membiayai masyarakar. Terkait tabungan Tapera jangan sampai dana murah bisa menjadi dana mahal," ujarnya.

Keberadaan Tapera sendiri diharapkan akan menjamin peningkatan akses masyarakat dalam pemilikan rumah. Pasalnya, RUU tersebut memberikan landasan hukum bagi upaya menghimpun dan menyediakan dana rumah untuk pembiayaan rumah bagi masyarakat.

Dalam RUU Tapera sendiri akan mengatur hak setiap warga Indonesia yang bekerja atau yang bekerja mandiri wajib menjadi peserta Tapera. Syaratnya, berpenghasilan di atas upah minimum dan telah berusia sekurangnya 18 tahun atau sudah kawin saat mendaftar.

"Apa yang menjadi cita-cita rakyat Indonesia untuk bisa mewujudkan rumah murah sebentar lagi terwujud. Dan ini akan menjadi sejarah baru bangsa Indonesia," kata Mukhamad Misbakhun, Wakil Ketua Pansus RUU Tapera DPR RI.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief


Klik www.gatra.com/telkomsel untuk daftar online kartuHalo Telkomsel tanpa harus datang ke kantor GraPARI

didi
04-02-2016 19:57