Main Menu

Jelang Hari Terakhir, Wajib Pajak Keluhkan Layanan E-Filing

Januar
30-03-2016 14:35

Suasana antri penyerahan laporan SPT tahunan di kantor pajak kota Sukabumi (Islami Rusdinawati/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Direktorat Jenderal Pajak mewajibkan seluruh wajib pajak melaporkan Surat Peritahuan Tahunan (SPT) Pajak kepada pemerintah yang akan berakhir paling lambat pada Kamis (31/3). Selain pelaporan SPT secara manual, WP juga dapat melaporkan secara online atau E-Filing.

 

Sayangnya, pelaporan secara online tersebut masih banyak kekurangan. Masyarakat kesulitan mengakses situs pelaporan pajak tersebut. "Saya tadi coba di kantor, tapi enggak bisa. Server-nya down," kata Gama Janata, seorang pegawai swasta yang diwawancarai GATRAnews di Kantor Pelayanan Pajak Pratama, Tebet, Rabu (30/3).

 

Gama mengaku kecewa dengan layanan E-Filing tersebut karena seharusnya pelaporan bisa dilakukan tanpa harus ke kantor pajak. Gama menyatakan hal serupa dirasakan oleh teman-teman sekantornya.

 

"Teman-teman saya juga banyak yang enggak bisa. Akhirnya, mereka semua pergi juga ke kantor pajak," kata Gama yang telah mengantre selama tiga jam.

 

Selain itu, panjangnya antrean pelaporan SPT juga menjadi keluhan para WP. Reza Ruli, salah seorang pegawai swasta, mengatakan antrean yang panjang membuatnya harus menunggu lama dalam melapor SPT. "Antreannya panjang banget. Jadi pas libur saya sempatin ngelapor," kata Ruli.

 

Ruli berharap Dirjen Pajak segera mengevaluasi pelayanan pelaporan SPT. Menurutnya, antusiasme masyarakat dalam melapor SPT harus disambut dengan baiknya pelayanan. 

 

"Harusnya orangnya (petugas) ditambah karena banyak yang melapor," kata Ruli.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
30-03-2016 14:35