Main Menu

BTN Sambut Positif Rencana Pergantian BI Rate Jadi Acuan

Januar
13-04-2016 15:04

Ilustrasi BI (Antaranews/AR7)

Jakarta, GATRAnews - Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk Maryono menyambut positif rencana Bank Indonesia untuk mengganti BI Rate sebagai acuan suku bunga. Menurutnya, BI Rate yang sudah sejak 2005 diterapkan tidak mencerminkan kondisi pasar keuangan.

 

"Saya dengar itu, tapi belum di-launching. Kalau sudah di-launching itu memberikan dampak positif karena tidak hanya mengacu pada BI Rate tetapi mengacu pada repo deposito mingguan yang bunganya lebih rendah," kata Maryono saat dijumpai di Jakarta, Rabu (13/4).

 

Maryono juga menambahkan penetapan reverse repurchase tujuh hari mendorong perbankan menurunkan suku bunganya. "Kebijakan ini bisa mendorong bank menurunkan suku bunga," kata Maryono.

 

Sebelumnya, Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara mengatakan pihaknya akan mengumumkan kebijakan perubahan acuan ini masih dalam kajian dengan melihat kondisi pasar dalam dan luar negeri. 

 

"Poin utamanya yang akan diterapkan adalah menjadi dasar perhitungan global yang dilakukan bank sentral dalam kebijakan moneternya," kata Mirza seperti dikutip dari Reuters.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
13-04-2016 15:04