Main Menu

BI-7 Day Repo Rate Kurangi Ketergantungan Bank Akan Deposito

didi
21-04-2016 12:00

Ilustrasi BI (Antaranews/AR7)

Jakarta, GATRAnews - Head of Finance & Treasury PT Bank Mandiri Tbk Pahala N Mansury mengatakan, kebijakan BI-7 Day Repo Rate akan mengurangi ketergantungan bank akan dana deposito. Pasalnya, selama ini likuiditas perbankan sering bergantung ke dana deposito sehingga mendorong perbankan berlomba menarik dana dengan suku bunga tinggi.

"Reverse Repo sebagai bentuk daripada pendanaan bank yang dimiliki bank, akan sering lebih aktif dan sering dilakukan, maka bank-bank tak perlu tergantung deposito masyarakat," ujar Pahala, di Jakarta, Kamis (21/4).

Pahala menjelaskan, pertama yang akan dilakukan yakni menurunkan tingkat bunga dana di masyarakat jika arahnya ingin menurunkan bunga kredit.

"Saya rasa kalau arahnya ingin menurunkan tingkat bunga, dalam hal ini pertama tingkat bunga dana yang dikumpulkan masyarakat," katanya.

Menurutnya, dengan perbankan perlahan menurunkan tingkat bunga deposito maka tentunya menjadi salah satu cara untuk menurunkan tingkat bunga kredit nantinya.

"Ini mungkin pelan-pelan menurunkan tingkat bunga deposito dan tentunya penurunan depositio salah satu upaya untuk nantinya menurunkan tingkat bunga kredit," ujarnya.

Bank Indonesia akan memberlakukan BI-7 Day Repo Rate sebagai acuan suku bunga mulai 19 Agustus 2016.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
21-04-2016 12:00