Main Menu

OJK Segera Umumkan Bank-bank Berdampak Sistemik

Januar
18-05-2016 10:11

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Dermawan Hadad (GATRAnews/Abdurachman/AR7)

Jakarta, GATRAnews - Otoritas Jasa Keuangan akan mengumunkan daftar perbankan yang memiliki dampak sistemik terhadap perekomian makro Indonesia. Saat ini, OJK sedang memutakhirkan data untuk mengetahui kondisi perbankan nasional.

 

"Dalam UU (Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan) jangka waktunya maksimal tiga bulan akan disampaikan. Tidak ada persoalan lagi saat ini, tinggal pengkinian data saja. Kami sudah punya data akhir tahun lalu, kami ingin menggunakan data terakhir saja," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Dermawan Hadad di Jakarta, Rabu (19/5).

 

UU PPKSK sendiri telah disahkan DPR RI sejak Maret lalu. UU ini menjadi payung hukum dalam pencegahan dan penanganan permasalahan krisis sistem keuangan. Presiden merupakan penentu dalam menetapkan suatu bank berdampak sistemik atau tidak.

 

Ia menambahkan pihaknya juga akan berkomunikasi dengan Bank Indonesia sebelum mengumumkan daftar perbankan berdampak sistemik tersebut. "Nanti kami akan berkoordinasi dengan BI mengenai bank-bank tersebut," katanya.

 

Muliaman juga menyampaikan saat ini kondisi perbankan nasional masih kondusif apabila menghadapi gejolak ekonomi saat ini. "Kondisi perbankan masih stabil dengan melihat LDR yang cukup tinggi saat ini," katanya.


 

Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
18-05-2016 10:11