Main Menu

BJB Akan Luncurkan E-Money di 2017

didi
09-12-2016 15:51

Bank Jabar Banten (GATRAnews/Adi Wijaya/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Pelaku bisnis uang elektronik di sektor perbankan bakal bertambah satu lagi di tahun depan. Jika saat ini kebanyakan masyarakat hanya mengenal E-Money keluaran PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Brizzi Card besutan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), Flazz Card milik PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan Tap Cash yang dipunyai oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). Tahun 2017 mendatang masyarakat akan mengenal uang elektronik keluaran PT Bank Jabar Banten Tbk (BJB).

 

Masuknya Bank BJB dalam bisnis ini bertujuan untuk menyukseskan gerakan nasional non tunai (GNNT) yang dicanangkan oleh pemerintah. Di samping itu juga untuk memperbesar porsi fee based income-nya.

 

Mengacu pada laporan keuangan BJB periode September 2016, pos keuangan provisi dan komisi selain dari kredit yang diberikan hanya menyumbang sebesar 6,35% atau sekitar Rp 285,81 milyar dari total pendapatan bunga dan syariah netto sebesar Rp 4,49 trilyun.

 

Direktur Konsumer Bank BJB Fermiyanti mengungkapkan saat ini perseroan sedang mengajukan izin ke Otoritas Jasa Keuangan untuk dapat menerbitkan sendiri uang elektroniknya.

 

"Sekarang kan kami kerjasama dengan Bank Mandiri lewat E-money co-branding BJB, kita lihat dulu progressnya bagaimana,” katanya di Jakarta, Jumat (9/12).

 

BJB, lanjutnya, memasang target pada semester satu tahun 2017 sudah dapat merilis resmi uang elektroniknya. Meski enggan menyebutkan besaran investasi yang dikeluarkan dalam pengembangan bisnis barunya ini, Fermiyanti mengakui rencana pihaknya untuk menjadi issuer uang elektronik sudah masuk dalam rencana bisnis bank (RBB) untuk tahun depan.

 

"Hingga saat ini kami tengah menunggu perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," katanya.


 

Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Dani Hamdani

didi
09-12-2016 15:51