Main Menu

Kiat-Kiat Manfaatkan Pinjaman KTA untuk Pernikahan

didi
02-05-2017 12:00

Ilustrasi (GATRAnews/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Business Manager salah satu situs jasa keuangan di Jakarta, Kennadi, mengatakan, ada banyak cara mendapatkan dana untuk membiayai pernikahan. Misalnya lewat kredit tanpa agunan (KTA) populer, seperti pinjaman KTA StanChart SCB Online atau pinjaman KTA CIMB Niaga Online. Ini, menurutnya, akan membantu anda menyelesaikan masalah pendanaan pernikahannya, bila disetujui.

“Masing-masing keluarga mempelai sering memiliki keinginan berbeda untuk bisa ikut menandai pernikahan anda,” ujar Kennadi, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (2/5).

Pasangan pengantin, tuturnya, harus bisa mengatur dengan bijak hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan, agar uang hasil pinjaman tersebut tidak terbuang dengan sia-sia. Hal-hal yang bisa menjadi pertimbangkan antara lain:


Jumlah Undangan Terlalu Banyak

Dalam sebuah pesta pernikahan jumlah undangan yang besar menjadi hal yang lumrah mengingat besarnya jumlah keluarga dan kerabat yang akan diundang ke dalam pesta pernikahan kita. “Apalagi jika pihak pengantin dan keluarga memiliki jaringan persahabatan yang luas, sudah tentu jumlah undangan akan membengkak,” kata Kennadi.

Sebagai alternatif jumlah undangan yang besar, katanya, anda bisa melakukan penghematan dengan memilih desain undangan yang lebih simpel, sehingga biaya pembuatan undangan dalam jumlah besar lebih terasa ringan dan tetap bisa menjangkau biaya yang ditentukan sebelumnya.

Biaya Katering yang Membengkak

Dengan jumlah undangan yang semakin besar pastinya jumlah makanan yang harus disiapkan pun semakin banyak.  Apalagi jika memang sudah terlanjur melibatkan jasa dari vendor tertentu untuk menyediakan makanan tersebut.

Sebagai alternatif pihak keluarga bisa menyediakan atau memasak sendiri makanan di kedai-kedai atau makanan sejenis snack yang ada saat resepsi pernikahan berlangsung.

“Bila pesta pernikahan yang dilangsungkan tidak mengundang tamu yang cukup banyak, maka cara ini bisa anda gunakan untuk menghemat biaya katering saat acara berlangsung,” ucap Kennadi.

Akan tetapi bila tamu yang diundang jumlahnya banyak, kata dia, nasababh bisa melakukan pembatasan jumlah makanan yang disediakan dengan cara menghilangkan jenis makanan yang memiliki biaya yang terlalu mahal dan menggantinya dengan jenis lain dengan biaya yang lebih murah dengan jumlah yang sama.

Tempat Resepsi dan Acara yang Ideal

Dalam acara resepsi pernikahan tentunya tempat resepsi menjadi hal yang sangat vital karena biasanya harus dipesan 1-2 bulan sebelum acara berlangsung. Harga dari penyewaan tempat ini pun beragam tergantung dari ukuran, model, atau lokasinya.

Dalam hal alokasi dana, pertimbangan untuk memilih lokasi yang ideal sangatlah penting agar tidak melewati budget penyewaaan tempat yang telah anda tentukan sebelumnya.

Bila ingin melakukan penghematan, anda bisa menyewa tempat pernikahan di gedung yang tidak terlalu besar seperti di balai pertemuan atau anda bisa menyewa sebuah lapangan dan mendirikan tenda untuk pesta di luar.

Menurutnya, yang penting tempat yang disiapkan harus nyaman, sesuai dengan jumlah tamu, dan sesuai dengan waktu acara yang ditentukan.

Tempat Tinggal Keluarga

Bila anda mengundang banyak pihak keluarga anda yang berasal dari luar kota tentunya anda harus menyiapkan tempat tinggal yang cukup selama beberapa hari sampai acara resepsi diadakan.

Bila anda memilih rumah yang besar tentu saja hal ini tidak akan menjadi masalah, akan tetapi bila anda memiliki rumah yang sedang atau kecil tentunya perlu

menyiapkan tempat tinggal untuk pihak keluarga anda.

Jika anda memiliki budget yang besar tentunya anda dapat memesan kamar di hotel agar keluarga anda dapat tinggal dengan nyaman selama beberapa hari. Akan tetapi biaya penyewaan kamar hotel ini tidaklah murah dan seringkali memberatkan pasangan yang ingin menghemat biaya pernikahan.

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menyewa hotel di tempat anda melangsungkan resepsi karena biasanya pihak hotel akan memberikan diskon untuk pihak keluarga yang akan tinggal atau bila anda ingin melakukan penghematan lebih, anda bisa mengundang pihak keluarga tepat di hari dimana upacara dan resepsi pernikahan dilaksanakan agar tidak menghabiskan waktu dan biaya yang terlalu banyak untuk tempat tinggal.

Tips-tips di atas bisa anda gunakan untuk menghemat biaya pernikahan anda bila anda memang ingin menghemat biaya pernikahan anda. “Apabila anda mengajukan pinjaman KTA sebagai alternatif pembiayaan yang anda pilih seperti dari bank CIMB Niaga atau Standard Chartered tentunya anda harus memanfaatkan uang pinjaman tersebut semaksimal mungkin,” pungkas Kennadi.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
02-05-2017 12:00