Main Menu

Jokowi: IHSG Tembus 5.900 bukti Tingkat Kepercayaan Meningkat

didi
04-07-2017 14:45

Presiden Joko Widodo di Bursa Efek Indonesia (ANTARA/Wahyu Putro/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menilai bahwa tingkat kepercayaan investor meningkat. Hal itu tercermin dari meningkatnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang tembus ke level 5.900, Senin (3/7/17) kemarin.

 

"Ya, IHSG tembus ke 5.900, artinya pasar menilai kita atau Indonesia memiliki prospek yang bagus untuk berinvestasi. Artinya juga, kita mendapatkan kepercayaan oleh investor bahwa ekonomi kita dari sisi presepsi cukup baik," kata Jokowi, di Gedung Bursa Efek Indonsia (BEI), Jakarta, Selasa (4/7).

 

Jokowi menambahkan, tingkat kepercayaan juga dapat terlihat dari arus uang masuk selama periode Januari-Desember 2016 mencapai Rp 126 trilyun. Bahkan, pada periode Januari-Juni 2017, arus uang masuk ke Tanah Air hingga Rp 124 trilyun.

 

"Baru setengah tahun ini saja arus uang masuk sudah mencapai Rp 124 trilyun. Ini sekali lagi cermin kepercayaan terhadap negara kita, dan harus dimanfaatkan serta dijaga betul - betul supaya bisa memberikan manfaat kepada bangsa dan negara kita," tuturnya.

 

Oleh karena itu, Jokowi bakal mendorong perusahaan-perusahaan besar baik asing maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk bisa meramaikan pasar modal Indonesia dengan listed di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

 

"Perusahaan jangan cuma produksi dan cari keuntungan di sini aja, tapi listed nya di negara lain. Saya juga akan mendorong perusahaan khsusnya anak usaha BUMN untuk listing di Bursa, karena kita membutuhkan pendanaan yang besar untuk membangun infrastruktur," pungkasnya. 


Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Dani Hamdani 

didi
04-07-2017 14:45