Main Menu

Kemenkop: Penyaluran Kredit Perbankan Melalui Koperasi Perlu Ditingkatkan

Iwan Sutiawan
20-07-2017 05:50

Gathering Kemitraan Koperasi (Dok Kementerian Koperasi dan UKM/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) menilai penyaluran kredit perbankan ke koperasi melalui Linkage Program harus ditingkatkan karena program kemitraan perbankan dengan koperasi ini berjalan sangat baik.



Sekretaris Kemenkop dan UKM, Agus Muharram, dalam keterangan tertulis, Kamis (20/7), mengatakan, menyampaikan keterangan tersebut dalam acara Gathering Kemitraan Koperasi 2017 di Jakarta, Selasa (18/7).

Menurut Agus, program kemitraan perbankan dengan koperasi melalui Linkage Program selama ini berjalan lancar, terbukti dengan rendahnya Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalah, yang tercatat melalui Linkage Program antara perbankan dengan koperasi.

"Sebagai contoh data terakhir menunjukan NPL Lingkage Program di Bank Jabar Banten (BJB) kredit linkage melalui koperasi hanya 1,07% atau jauh di bawah batas maksimum 5,0 persen," ujar Agus.

Agus menjelaskan, Gathering Kemitraan Koperasi dengan perbankan yang digagas BJB ini dimaksudkan untuk mengevaluasi Linkage Program selama ini, di mana perbankan menyalurkan kredit ke koperasi untuk selanjutnya diteruskan oleh koperasi kepada para anggotanya.

"Linkage Program ini terbukti berjalan baik, koperasi bisa menyalurkan kredit ke anggota, dan anggota koperasi bisa menngembangkan usahanya. Dengan demikian diharapkan terjadi peningkatan kesejahteraan anggota," kata Agus.

Sesmenkop dan UKM menilai suku bunga yang disalurkan lewat Linkage Program ini cukup kompetitiif. Namun demikian, diharapkan bisa lebih rendah lagi sehingga koperasi dan para anggotanya bisa lebih dapat berdaya saing dalam menyelenggarakan usahanya. "Demikian juga dengan volumenya, saya kira masih bisa ditambah atau ditingkatkan lagi," ujar Agus.

Sementara Dirut BJB, Ahmad Irfan mengatakan, BJB sangat memperhatikan perkembangan Koperasi dan UKM dan menjadikan keduanya sebagai mitra dalam berkembang bersama.

Dalam Harkopnas ke-70 di Makassar minggu lalu, BJB mengikuti secara aktif dan memperkenalkan produk kredit kepada koperasi dan meningkatkan portofolio Lingkage Program dengan koperasi.

Dalam peringatan  Harkopnas itu, BJB juga melakukan MoU dengan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dan menandatangani penyaluran kredit kepada Koperasi Sahabat Mitra Sejati dan Koperasi Awak Pesawat Garuda.


Reporter: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
20-07-2017 05:50