Main Menu

BI Optimis Kredit Perbankan Tumbuh Tahun Depan

Hendri Firzani
01-11-2017 15:41

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardodjo (ANTARA/REUTERS/Yuri Gripas/yus4)

Jakarta, Gatra.com- Bank Indonesia (BI) optimistis kredit perbankan akan tumbuh cukup signifikan tahun 2018. 

"Pertumbuhannya bisa 10 % sampai 12%," kata Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.  Itu diungkapkan Agus  pada Jumpa Pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan di Kantor Direktorat Jendral Pajak, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Selasa lalu.

Angka tersebut dinilai lebih baik ketimbang pertumbuhan tahun ini yang hanya berkisar pada angka 8-10%. Angka tahun ini, memang lebih rendah lantaran karena permintaan yang rendah. "Ada faktor supply juga, dalam arti perbankan masih konsolidasi," tambah Agus.


Perbankan masih melakukan restrukturisasi keuangan sehingga berhati-hati dalam memberikan kredit. Perbankan tengah berusaha agar kredit bermasalahnya (NPL) bisa ditekan.


Optimisme BI sendiri dilatarbelakangi adanya kecenderungan peningkatan kredit perbankan dalam kuartal ke-3 dan ke-4 tahun ini. BI mencatat kredit yang disalurkan perbankan pada Agustus tahun lalu tumbuh 8,4% yaer on year (yoy). Sebulan kemudian naik lagi menjadi 9,4% yoy. Laju pertumbuhan kredit tersebut, salah satunya, didorong oleh penurunan suku bunga acuran BI 7 day reserve repo date hingga menembus level 4,25%.



Editor: Aries Kelana

Hendri Firzani
01-11-2017 15:41