Main Menu

Pasar Modal Makin Diramaikan Kids Jaman Now

didi
28-12-2017 13:15

Ilustrasi. (GATRA/Agriana Ali/AK9)

 

Jakarta, Gatra.com - Investasi di pasar modal kini tak lagi jadi dominasi kalangan tua saja. Saat ini, generasi milenial atau sering disebut kids zaman now, turut meramaikan industri ini.

 

 

Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat investor di pasar modal kini telah mencapai 1,12 juta orang. Dari angka itu, investor yang berusia 21-30 tahun telah mencapai seperempatnya atau 26,24%.  Itu menjadi bukti bahwa kids zaman now telah sadar akan investasi khususnya di pasar modal.

 

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio menyebut terjunnya kalangan milenial ke dunia bursa saham tak lepas dari peningkatan infrastruktur dan kemudahan akses ke pasar modal.

 

 

“Otoritas pasar menyediakan fasilitas berupa galeri investasi yang tersebar pada 350 universitas dan perguruan tinggi di seluruh indonesia. Ini upaya kami mendorong kaum pemula masuk gerbang pasar modal,” ujar Tito, di Jakarta, Kamis (28/12).

 

Setiap tahun, kata Tito, hampir setiap perguruan tinggi menerima 1.000 mahasiswa baru dan mewisuda 1.000 sarjana strata satu (S-1). Lalu lintas keluar masuk mahasiswa itu,  tambah Tito, dan berbekal  edukasi dan pengetahuan akan pasar modal sangat menentukan dalam menentukan pilihan berinvestasi.

 

 

“Jadi, edukasi calon investor itu penting. Hasilnya, tentu tidak bisa diharap dalam durasi 1-2 tahun,” jelasnya. Tito juga  menambahkan, secara nominal investasi investor pemula memang belum begitu besar dan tidak memberi efek signifikan pada market. Tetapi bila dilihat dari potensi, untuk jangka panjang sangat menjanjikan. “Kami amati hasilnya baru akan terlihat 5 tahun ke depan,” ujarnya.

 


 

Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Hendri Firzani

didi
28-12-2017 13:15