Main Menu

Ini Rambu Yang Dibuat OJK Bagi Industri Fintech

Aulia Putri Pandamsari
18-01-2018 22:08

Ilustrasi (GATRA/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Melihat perkembangan teknologi yang begitu pesat, termasuk di sektor jasa keuangan, Otoritas Jasa Keuangan(OJK) akan mendukung inovasi dari produk Fintech.

Namun dengan syarat produk tersebut bermanfaat bagi masyarakat dan dikelola berdasarkan asas TARIF (Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi dan Fairness).

Menurut Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, pihaknya tahun ini akan mengeluarkan guiding principles bagi Penyelenggara Layanan Keuangan Digital.

"Petunjuk ini akan mencakup mekanisme pendaftaran dan perizinan, serta penerapan regulatory sandbox dan kebijakan tentang Crowdfunding.” kata Wimboh dalam pidatonya di Hotel Ritz Carlton, Kamis(18/1).

Selain itu, Wimboh mengungkapkan akan melakukan sinergi dengan pelaku Fintech.

Sedangkan, mengenai perkembangan mata uang digital atau yang umum disebut cryptocurrency, OJK bersama Bank Indonesia melarang setiap lembaga jasa keuangan menggunakan dan memasarkan produk yang tidak memiliki legalitas izin dari otoritas terkait.  

Sementara terkait usaha untuk meningkatkan edukasi dan literasi keuangan, OJK akan melakukan berbagai usaha melalui pengembangan berbagai model edukasi keuangan yang bersifat high impact, tepat sasaran dan terukur dengan memanfaatkan berbagai delivery channel.

“Kami juga akan mengoptimalkan peran Satgas Waspada Investasi dalam pencegahan dan penindakan maraknya investasi ilegal yang merugikan masyarakat.” tutur Wimboh.


Reporter : APP

Editor : Mukhlison

Aulia Putri Pandamsari
18-01-2018 22:08