Main Menu

Sentimen Positif Penerbitan Komodo Bonds Di Bursa London

Mukhlison Sri Widodo
30-01-2018 04:38

Peluncuran obligasi Komodo Bond Wijaya Karya di London Stock Exchange. (Dok. Kementerian BUMN/FT02)

London, Gatra.com - Penerbitan Komodo Bonds dari perusahaan infrasrasrtuktur pelat merah, Wijaya Karya (WIKA) yang mengalami oversubcribe dua kali di bursa London, dengan transaksi sebesar Rp5,4 triliun, mendapat pujian dari berbagai pihak.

 

Mark Field, Menteri Negara untuk Asia dan Pasifik, Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris, menyatakan, peluncuran Komodo bonds ke dua yang sangat cepat sejak Komodo bonds pertama menunjukkan ketertarikan yang luar biasa dan potensi besar pada pasar ini.

"Hal ini menunjukkan contoh dari kepemimpinan Global Inggris dalam pelayanan keuangan, serta hubungan baik antara Indonesia dengan Inggris," ujarnya, seperti dikutip dari rilis yang diterima Gatra.com.

Sementara Nikhil Rathi, CEO London Stock Exchange Plc, menyambut baik kehadiran Menteri Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Direktur Utama Wijaya Karya Bintang Perbowo dan timnya ke London Stock Exchange.

Sebagai pasar global, London Stock Exchange, kata Nikhil berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan Indonesia melalui peningkatan modal dalam Rupiah.

"Melalui Pasar Sekuritas Internasional kami, emiten memperoleh manfaat dalam proses pencatatan yang efisien dan akses pengumpulan modal terdepan berorientasi internasional di dunia,” kata Nikhil.

Nikkhil menyampaikan, penerbitan Komodo Bonds WIKA ini merupakan awal yang baik di 2018. Sehingga pihaknya berharap dapat melanjutkan kemitraan jangka panjang dengan Komodo bonds.

"Serta memanfaatkan keahlian kami dalam pembiayaan berkelanjutan dan pembiayaan syariah untuk membantu Indonesia mencapai tujuannya dalam hal pertumbuhan dan infrastrukturnya."

Baca juga : Komodo Bonds Terbesar Di Dunia Laris Manis di Bursa London

Sebagai informasi, Komodo bonds WIKA merupakan obligasi aktif ke 19 dalam mata uang Rupiah yang terdaftar di London Stock Exchange. Saat ini, jumlah total outstanding menjadi sekitar US$2,7 miliar.

Pencatatan obligasi Wijaya Karya merupakan rangkaian panjang dalam penerbitan obligasi global bond pertama oleh emiten Asia di London Stock Exchange.

Sebelumnya, pada Desember 2017, BUMN Jasa Marga juga telah mencatatkan Komodon bonds pertama di dunia di London Stock Exhange International Securities Market, dengan catatan transaksi mencapai Rp 4 triliun atau sekitar US$ 295,7 juta. 


Editor : Mukhlison

 

Mukhlison Sri Widodo
30-01-2018 04:38