Main Menu

Ini Kriteria Gubernur BI Pilihan Jokowi

Ervan
02-02-2018 15:23

Bank Indonesia (GATRA/Agriana Ali/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo belum menunjuk nama calon Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2018-2023 menjelang berakhirnya masa jabatan Gubernur BI Agus Martowardojo pada bulan Mei mendatang. Namun, Presiden telah menyebutkan kriteria untuk jabatan tersebut.

 

"Tentu saja (Gubernur BI) harus orang yang bisa memberikan kepercayaan pasar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan makro ekonomi kita, moneter, dan inflasi. Saya kira kepercayaan publik itu diperlukan untuk Gubernur BI," ungkap Jokowi di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat (2/2).

Gubernur BI Agus Martowardojo sebenarnya masih berpeluang menjabat untuk periode lima tahun kedua. Namun, semua tergantung pada keputusan Presiden. Meski begitu, sejumlah nama mulai berseliweran dan disebut-sebut sebagai bakal kandidat Gubenrur BI. Diantaranya, Menteri Keuangan di era presiden SBY Muhammad Chatib Basri, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara dan Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo serta menteri perencanaan nasional Bambang Brodjonegoro

 

Presiden Jokowi memastikan bahwa kandidat Gubenrur BI masih dipertimbangkan. "Masih sampai akhir Februari (pengusulannya)," tutur Jokowi.  Setelah diusulkan, nantinya, presiden Jokowi akan mengirimkan usulannya kepada Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Jika lolos, maka bisa segera dilantik.


 

Reporter: Ervan Bayu

Editor: Hendri Firzani

 

 

Ervan
02-02-2018 15:23