Main Menu

SMF Sosialisasikan Instrumen EBA-SP

didi
09-02-2018 14:44

PT Sarana Multigriya Financial (Persero). (Dok. SMF/FT02)

Jakarta, Gatra.com - PT Sarana Multrigiriya Finansial (SMF) melakukan sosialisasi terhadap instrumen Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP). Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman stakeholder kepada masyarakat khususnya, para pelaku jasa keuangan.

 

 

 

EBA berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) sendiri merupakan Efek Beragun Aset yang diterbitkan oleh Penerbit yang portofolionya berupa Kumpulan Piutang dan merupakan bukti kepemilikan secara proporsional atas Kumpulan Piutang yang dimiliki bersama oleh sekumpulan pemegang EBA-SP.

 

 

 

“Sosialisasi ini merupakan upaya aktif SMF dalam rangka memberikan informasi dan pemahaman terkait EBA-SP kepada pelaku jasa keuangan," ungkap Direktur SMF Heliantopo, di Jakarta, Jumat (9/2).

 

 

 

Ia menjelaskan berinvestasi di EBA-SP memiliki kelebihan tersendiri. Di mana, EBA-SP termasuk instrumen yang dipersamakan dengan surat berharga negara (SBN) sesuai kriteria ketentuan POJK Nomer 36/2016.

 

 

 

"EBA-SP yang diterbitkan SMF memiliki rating AAA dari Pefindo, di mana rating tersebut mencerminkan kemampuan dan kemauan untuk membayar kewajiban tepat waktu sangat kuat," tuturnya.

 

 

 

Ketentuan mengenai investasi EBA-SP bagi ansuransi telah diatur dalam POJK No.71/POJK.04/2016 tentang kesehatan keuangan terkait EBA-SP. Tentunya, merujuk pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.20/POJK.04/2017.

 

 

 

Selain itu, lanjutnya, regulasi kewajiban EBA-SP masih menggunakan pendukung kredit yang berarti tambahan perlindungan risiko bagi investor pemegang EBA kelas A.

 

 

 

“Sementara, beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan dalam berinvestasi di EBA-SP antara lain risiko kredit, risiko likuiditas, dan risiko pelunasan dipercepat,” jelas dia.


 

 

 

Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Rosyid

didi
09-02-2018 14:44