Main Menu

BEI: Awal Tahun Akan Ada Penerbitan Obligasi Rp4,5 Trilyun

didi
09-02-2018 19:06

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat (Dok Gatra/re1)

 

Jakarta, Gatra.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan, ada sebanyak empat perusahaan yang akan menerbitkan obligasi di awal tahun ini, dengan total nilai sebesar Rp 4,5 triliun. Keempat perusahaan itu telah meraih restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

"Empat perusahaan telah kantongi izin OJK. Sebagian obligasi dari rencana penerbitan tahun lalu. Mereka gunakan laporan keuangan akhir September 2017," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat, ‎di Jakarta, Jumat (9/2).

 

Keempat perusahaan yang akan menerbitkan, terdiri dari ‎PT Sarana Multigriya Financial (SMF) sebesar Rp2 trilyun, PT Indomobil Finance sebesar Rp1 trilyun, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) sebesar Rp500 milyar, dan PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA) sebesar Rp1 trilyun.

 

Dengan penerbitan obligasi sebesar Rp4,5 trilyun di awal 2018, dia optimistis, penerbitan obligasi akan melampuai realisasi dari penerbitan obligasi Rp160 trilyun di 2017.

 

Sentimen yang mendorong penerbitan obligasi, menurut dia, adanya peningkatan peringkat surat utang negara oleh lembaga pemeringkat internasional. Alhasil, minat investor asing terhadap surat utang Indonesia bertambah. 

 

"Pada tahun ini, daya serap obligasi akan banyak dibantu oleh pelaku pasar asing. Lalu ditambah dengan keyakinan Pefindo yang memperkirakan penerbitan surat utang makin agresif di tahun ini," jelasnya.

 

Sepanjang tahun ini, ‎Pefindo memperkirakan penerbitan obligasi bisa mencapai Rp155-158,5 trilyun. Jumlah itu datang dari medium term notes (MTN), obligasi, dan sukuk.


 

 

 

Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Rosyid

didi
09-02-2018 19:06