Main Menu

UMKM ingin Gubernur BI Baru Lebih Perhatian

Umaya Khusniah
20-02-2018 18:45

Bank Indonesia( (GATRA/Ardi Widi Yansah/re1)

 

Jakarta, Gatra.com - Empat nama calon pengganti Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo sudah dikantongi Presiden Jokowi. Rencananya, akhir bulan Februari ini akan segera diajukan ke Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hal ini mengingat masa jabatan Agus akan berakhir pertengahan tahun ini.

 

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun memiliki harapan tersendiri mengenai harapan dan kriteria tersendiri untuk calon gubernur Bank Indonesia. Menurutnya, Gubernur BI harus memiliki perngaruh dari sisi global dan regional Asia.

"Jadi dapat mengetahui Makro dan Mikro" ujarnya kepada Umaya Khusniah Minggu (18/2) lalu.

Selain itu, ia juga berharap background Gubernur BI sebaiknya dari kalangan treasury. Menurutnya, kalangan ini bisa menciptakan peluang dan memanfaatkan peluang. Berbeda dengan orang Finance yang cenderung memakai, me - manage dan mengeluarkan.

"Orang Finance cenderung nggak bisa intervensi, treasury mampu mengintervensi agar Rupiah nggak terpuruk," ujarnya lagi.

Harapan lain terkait Gubernur BI nanti, menurut Ikhsan, agar Gubernur BI mau dan bisa menciptakan dan membela Peluang UMKM. Cara yang ia harapkan Gubernur BI menjamin UMKM dapat dengan mudah kredit di Bank dengan tanpa jaminan.

Ia menyoroti adanya bantuan Bank Dunia untuk UMKM senilai 40 Juta Dollar AS belum terserap dengan pola yang belum jelas. Ikhsan berharap, dengan Gubernur BI yang baru nanti  UMKM lebih mendapat kebijakan yang lebih baik. 


Reporter : Umaya Khusniah

Editor : Sandika Prihatnala 

Umaya Khusniah
20-02-2018 18:45