Main Menu

BI Dorong Daerah untuk Bangun Sektor Ekonomi Baru

Flora Librayanti BR K
24-02-2018 21:41

Deputi Gubernur BI, Sugeng. (Wikipedia/Orchides Anatama/FT02)

Padang, Gatra.com - Pertumbuhan ekonomi nasional per akhir 2017 yang mencapai 5,07 persen adalah yang tertinggi selama empat tahun terakhir. Untuk tahun ini, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi 5,4 persen dalam APBN 2018. Salah satu strategi yang dilakukan Bank Indonesia (BI) adalah mendorong daerah untuk mencari sektor ekonomi baru.

 

“Semua kantor di daerah bisa menggali sumber ekonomi yang baru,” ujar Deputi Gubernur BI, Sugeng disela-sela pelatihan wartawan di Padang, hari ini, Sabtu (24/2).

 

“Sebisa mungkin jangan bergantung pada komoditas primer. Memang saat harganya naik, pertumbuhan bisa tinggi. Tapi sektor komoditas ini sangat volatile,” ujar Sugeng kemudian.

 

Sugeng mengingatkan bahwa mendorong pertumbuhan ekonomi diatas lima persen itu sangat penting. Mengingat Indonesia kini telah masuk dalam negara berpendapatan tinggi.

 

Hal lain yang disorot Sugeng adalah sisi ekspor. Selama ini ekspor komoditas primer memang menjadi faktor yang membuat skor ekspor Indonesia cukup positif. Namun, kedepannya ia berharap ekspor manufaktur yang selama ini masih relatif terbatas agar diperbanyak. Bagaimana manufaktur mampu membuat produk derivatif demi beroleh nilai tambah.


Editor : Flora LY Barus

Flora Librayanti BR K
24-02-2018 21:41