Main Menu

Bank Catatkan Laba, BI Punya Ruang Naikkan Suku Bunga

didi
31-07-2018 16:04

Bank Indonesia (GATRA/Eva Agriana Ali/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) menilai, gejolak perekonomian global mampu diatasi secara baik oleh industri perbankan, sehingga Bank Indonesia (BI) tetap memiliki ruang untuk menaikkan BI 7-day Reverse Repo Rate yang saat ini di level 5,25%.

Menurut Direktur Utama LPPI, Hartadi Sarwono, hingga akhir Semester I-2018, performa perbankan di dalam negeri masih mampu mencatatkan kinerja positif di tengah gejolak ekonomi global.

"Kalau kita melihat laporan keuangan [Kuartal II-2018], bank-bank papan atas sudah mengeluarkan statement ke publik bahwa rata-rata dari mereka masih mencatatkan keuntungan yang meningkat," ujar Hartadi di Jakarta, Selasa (31/7).

Dia menyebutkan, bank-bank BUMN mampu mencatatkan peningkatan keuntungan, seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

"Padahal situasi suku bunga sudah mulai meningkat, cost of fund juga sudah mulai meningkat. Sedangkan, kegiatan ekonominya sendiri belum pulih sepenuhnya, seperti yang kita harapkan," tutur Hartadi.

Namun, jelas dia, meski sulit bagi bank sentral untuk kembali menaikkan BI 7-day Reverse Repo Rate, namun BI tetap memiliki ruang untuk menaikkan suku bunga acuan. "Memang situasinya belum membaik secara optimal, namun perbankan masih bisa survive dengan menghasilkan profit yang baik," ujarnya.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Iwan Sutiawan 

didi
31-07-2018 16:04