Main Menu

Integrasi perbankan lewat Satu kartu, Ini Manfaat Beralih ke GPN?

Sandika Prihatnala
01-08-2018 14:32

Karyawan menunjukkan kartu debit berlogo gerbang pembayaran nasional (GPN). (ANTARA/Sigid Kurniawan/RT)

Jakarta, Gatra.com - Setelah 20 tahun dikaji, Bank Indonesia (BI) kini tengah gencar mensosialisasikan penerapan program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang resmi diluncurkan pada Mei 2018 lalu. Sebagai sebuah sistem yang mengintegrasikan transaksi antar bank, GPN memudahkan masyarakat ketika melakukan transaksi pembayaran non tunai menggunakan kartu debit di merchant atau toko pilihan ketika berbelanja.

Bank yang beroperasi di Indonesia wajib mengadopsi sistem ini, serta merilis kartu debit berlogo GPN dengan lambang garuda. Kartu berlogo GPN juga bisa digunakan di seluruh mesin Electronic Data Capture (EDC).

Dikutip dari keterangan tertulis BI, Selasa (31/7), berikut ini lima manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dengan menggunakan kartu debit GPN:

1. Masyarakat dapat mengunakan kartu ATM atau debit berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.

2. Masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM atau debit GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

3. Masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR).

4. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

5. Biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien. Berikut perbandingan skema harga sebelum dan sesudah implementasi GPN.

Hadirnya GPN mampu memperluas akses layanan sistem pembayaran melalui peningkatan interkoneksi dan interoperabilitas. Selain itu, juga mendorong Gerakan Nasional non Tunai (GNNT) dan perdagangan nasional berbasis elektronik. Hingga akhir Mei 2018, menurut catatan BI, logo GPN pada kertu debit telah tercetak sebanyak 937 ribu. Sementara yang berhasil didistribusikan sebanyak 497 ribu kartu.

Nah, untuk menukar kartu debit GPN bisa didapatkan dengan menukarkan kartu debit di masing-masing bank. Penukaran juga bisa dilakukan di fasilitas penukaran lainnya yang diselenggarakan oleh perbankan di area publik. Sejak Senin (30/7) hingga Jum'at (3/8), BI menyelenggarakan pekan penukaran kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional di 17 lokasi di Indonesia secara gratis.


Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
01-08-2018 14:32