Main Menu

IPW Imbau Pemerintah Sediakan ''Bank Tanah'' untuk Program Sejuta Rumah

didi
16-12-2015 20:50

Program Sejuta Rumah (ANTARA/Widodo S Jusuf)

Jakarta, GATRAnews - Indonesia Property Watch (IPW) memprediksi program satu juta rumah hanya akan berlangsung dalam tiga tahun jika pemerintah tidak menyiapkan "bank tanah". Untuk itu, IPW mengimbau pemerintah supaya menyediakan "bank tanah".

CEO IPW Ali Tranghanda mengatakan, kenaikan harga lahan membuat pengembang sulit untuk mendapat pasokan lahan yang memadai. Pengembang rumah sederhana diperkirakan akan kehabisan lahan dalam 2-3 tahun.

"Artinya setelah itu mereka harus membeli lahan yang tentunya dengan harga yang tinggi bila tidak dikendalikan oleh pemerintah," ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (16/12).

Oleh karena itu, menurut Ali, rencana pemerintah untuk membentuk badan layanan umum (BLU) Bank Tanah harus segera direalsiasikan. BLU ini harus menjadi badan yang bisa mengendalikan harga tanah untuk kebutuhan pembangunan rumah sederhana.

Tanpa ada pengendali harga lahan, lanjutnya, harga rumah sederhana diperkirakan akan bisa terkerek dan tidak terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Program Sejuta Rumah dengan berbagai kendala harus dipertahankan, namun pemerintah harus segera melakukan langkah antisipatif terkait sustainability program ini, jangan sampai berhenti di tengah jalan," kata Ali menambahkan.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
16-12-2015 20:50