Main Menu

Bahas LRT, Jokowi Gelar Ratas Sampai 6 Kali

Ervan
08-06-2016 14:34

Proyek Light Rail Transit (GATRA/Eva Agriana/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Joko Widodo menginginkan agar pembangunan transportasi di berbagai daerah bisa berjalan lancar sebagai salah satu program kerja unggulan pemerintah. Untuk itu Jokowi sengaja menggelar rapat kabinet terbatas (ratas) bersama beberapa menteri dan kepala daerah guna membahas pembangunan Light Rapid Transit (LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT) di beberapa kota besar.

 

Jokowi pun mengeluhkan untuk perencanaan hingga pengerjaan LRT di Palembang, Bandung, dan Jakarta, diperlukan rapat hingga enam kali.

 

"Ratas pada siang ini akan dibahas lagi mengenai LRT di Palembang, Bandung dan Jabodetabek, ini rapat keenam makanya perlu harus ratas dan harus saya putuskan karena sudah bolak balik rapat seperti ada yang enggak benar," kata Jokowi saat membuka ratas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (8/7).

 

Presiden pun menekankan 3 hal yang perlu diperhatikan dalam membangun infrastruktur di bidang transportasi yakni konektivitas, integrasi antar moda dan modernisasi. Presiden pun menegaskan bila ratas hari ini harus menjadi ratas terakhir dalam membahas masalah LRT dan MRT.

 

"Tapi karena masih ada hal yang harus diputuskan maka ini terakhir rapat," tegas Jokowi.

 

Menurut Presiden pembangunan LRT penting untuk meningkatkan kapasitas angkut transportasi umum dan menggerakkan ekonomi daerah. Jokowi ingin agar pembangunan LRT dan MRT segera selesai.

 

Berkaitan dengan integrasi antar moda transportasi ini penting sekali kalau bisa sambung antara pesawat dengan kereta api, dengan LRT, MRT di Jakarta dengan bus maka akan sangat baik. Tapi saya kira ini saya pastikan ini sudah dimasukkan di dalam perencanaan," ucapnya.

 

Hadir dalam ratas Menteri perekonomian Darmin Nasution, Mensesneg Pratikno, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani  

 

Ervan
08-06-2016 14:34