Main Menu

Bang Yos: 'Salip Menyalip' di TNI Polri Hal Yang Biasa

Ervan
16-06-2016 11:47

Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso (GATRA/Dharma Wijayanto/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso menilai penunjukan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai Kapolri tak akan menjadi masalah didalam internal perwira Polri. Tito adalah lulusan Akademi Polisi (Akpol) lulusan 1987, sedangkan menurut tradisi, Kapolri selanjutnya pengganti Jenderal Badrodin Haiti adalah perwira bintang 3 lulusan Akpol 1983-1984.

 

Namun, menurut Bang Yos, senioritas dalam dunia militer bukan masalah. "Di TNI/Polri biasa seperti itu. Kita disalip adik kita jadi atasan kita," kata Bang Yos di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6).

 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun mencontohkan, Susilo Bambang Yudhoyono pernah menjadi bawahannya saat menjadi panglima Daerah Militer (Pangdam) Jaya. Namun bisa menjadi Presiden dan Bang Yos menjadi Gubernur DKI.

 

"Dulu SBY jadi atasan, aku anggap biasa saja. Itu di TNI/Polri budaya seperti itu sudah biasa. Itu hak prerogatif presiden kita hormat saja pada pilihan itu," lanjutnya.

 

Meski demikian, Sutiyoso menilai penunjukan Tito mengejutkan karena Tito dinilainya masih sangat muda. Namun keputusan Jokowi harus dihormati.

 

"Memang masih muda sekali. Ini adalah sebuah kejutan yang selama ini tidak pernah terjadi tapi itu tidak apa," ucapnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani  

 

Ervan
16-06-2016 11:47