Main Menu

KPK Geledah Gudang dan Kediaman Susanto di Padang

Arif Prasetyo
18-09-2016 17:13

KPK Geledah Gudang Gula Milik Susanto di Padang (Foto: Zul/GATRAnews)

Padang, GATRAnews – KPK menetapkan Xaveriandi Susanto sebagai tersangka kasus penyuapan Ketua DPD RI, Irman Gusman. Setelah penetapan itu, 21 orang penyidik KPK melakukan penggeledahan di sejumlah titik di Kota Padang, Ahad (18/09/2016).


Sebelum melakukan penggeledahan, tim KPK melakukan koordinasi dengan Polda Sumatera Barat. Tim terbagi menjadi dua, sembilan penyidik melakukan penggeledahan di Gudang Gula milik Susanto di KM 22 By Pass.


Kemudian melanjutkan di kediaman Susanto, Jalan By Pass, KM 5, Kelurahan Lubug Begalung, Kecamatan Lubug Begalung, Padang, Sumatera Barat.


Hasil penggeledahan di Gudang Gula tersebut, tim penyidik KPK tampak membawa dua buah koper berisi dokumen dari dalam gudang.


Satria, salah seorang penjaga gudang yang ikut mendampingi tim KPK saat penggeledahan mengatakan, tim mengamanakan CCTV yang berada di gudang itu. "Iya, mereka mengambil CCTV dan beberapa berkas yang ada di dalam," ujarnya.


Dikatakannya, sejak penetapan kasus gula tanpa SNI yang disidangkan di PN Padang, gudang tersebut sudah ditutup. "Sebenarnya gudang ini sudah lama ditutup. Sejak, kasus itu naik pengadilan, gudang ini tidak beroperasi lagi," ungkap Satria.


Pantauan GATRAnews, setelah tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di Gudang Gula milik Susanto, mereka melanjutkan penyidikan di kediamannya, Jalan By Pass, KM 5. Serta satu di lokasi lainnya.

KPK Geledah Kediaman Susanto di Padang (Foto: Zul/GATRAnews)

Data yang dihimpun GATRAnews, KPK juga melakukan penyelidikan di Tanaka Mart 8, Kalawi, Kota Padang serta toko perabot yang masih belum diketahui di mana lokasi pastinya.

Hingga sampai saat ini, pukul 16.00 WIB, tim penyidik KPK masih melakukan penyidikan di kediaman Susanto.


Reporter: Zul
Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
18-09-2016 17:13