Main Menu

Roy Suryo: Nama Agus Harimurti Datang Dari Partai Lain

Ervan
23-09-2016 15:16

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo (GATRA/Dharma Wijayanto/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Demokrat, Roy Suryo mengungkapkan proses munculnya nama Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon Gubernur DKI Jakarta yang diusung 'Poros Cikeas' (Partai Demokrat, PAN, PKB dan PPP). Awalnya, hanya ada 2 poros koalisi yakni poros petahana yang mengsung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan koalisi kekeluargaan.

 

Tadinya, koalisi kekeluargaan yang terdiri dari Demokrat, PAN, PPP, PKS, PKB dan Gerindra solid untuk mengusulkan nama Sandiaga Uno. Namun koalisi kekeluargaan, menurut Roy, pecah lantaran salah satu parpol ngotot mengusulkan nama kadernya untuk maju sebagai cawagub.

 

"Cerita sebenarnya hanya ada dua kubu, petahana dan koalisi kekeluargaan. Sudah ada kesepakatan usung Sandiaga Uno. Dengan cepat perkembangan berubah karena PKS ingin wakilnya Mardani (Ali Sera). Ini yang buat partai lain merasa perlu untuk mengajukan tokoh alternatif," kata Roy Suryo saat dihubungi, Jumat (23/9).

 

Roy menyebut nama Agus Yudhoyono datang dari parpol lain dan bukan dari internal Demokrat. Sebelum pertemuan di Cikeas 2 hari berturut-turut kemarin, para parpol sepertinya sudah menyepakati nama Agus.

 

"Ini bukan dari internal tapi dari luar, mereka sepakat mendorong orang berprestasi. Mereka (parpol) lain kayaknya ada pertemuan sebelumnya jadi pas datang sudah matang. Dan saya dan bapak juga kaget," lanjut Mantan Menteri Permuda dan Olahraga ini.

 

Meski nama Agus masih diperdebatkan, namun akhirnya 4 parpol tersebut sepakat mengusung Agus Harimurti-Sylviana Murni.

 

Kemudian Ketua Umum Demorkat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) langsung menelepon anak sulungnya itu untuk langsung kembali ke Jakarta dari kunjungannya di Australia.

 

"Enggak langsung diterima. Cukup lumayan panjang. Di Cikeas kan 2,5 hari. Mas Agus kan di Australia, ditelpon lalu diajak pulang," ucapnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani  

 

Ervan
23-09-2016 15:16