Main Menu

Korupsi e-KTP, Agus: Demokrat Telah Lakukan Klarifikasi ke Kader

Wem Fernandez
13-03-2017 12:45

Jakarta, GATRAnews - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Agus Hermanto, mengklaim partainya telah melakukan klarifikasi terhadap kader yang namanya turut dibacakan dalam sidang dakwaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).


Beberapa nama yang dibacakan itu seperti, Khatibul Umam Wiranu, M.Jafar Hapsah, Taufik Effendi dan M. Nazaruddin.

"Tentunya sudah (Melakukan klarifikasi) dan saya juga termasuk dalam DPP PD. Saya yakin, bahwa PD tidak sama sekali terkait dengan penyelewengan e-KTP ini," terang Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (13/3).

Dia menambahkan, dalam kasus ini PD juga akan melihatnya secara proporsional, apakah berkaitan dengan personal kader atau dengan partai secara khusus.

"Kami harus melihat secara proporsional mana tepat dan betul. Sehingga yang terkait itu dengan personel masalah PD bisa langsung dihubungkan dengan partai politik. Saya kan ada di situ, dari dulu juga di situ. Jadi saya tahu persis tidak ada kaitan sama sekali PD dengan masalah ini," tegasnya.

Selain nama PD, ada juga partai politik yang disebut dalam proyek yang menghabiskan uang negara sebesar Rp 5,9 trilyun lebih. Menurut Agus, kasus ini harus diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami mempersilakan KPK untuk betul-betul mengusut e-KTP ini secara tuntas, berkeadilan, transparan dan bertanggung jawab," demikian Agus.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
13-03-2017 12:45