Main Menu

PKS Telah Lakukan Klarifikasi Nama Kadernya Dalam Kasus e-KTP

Wem Fernandez
13-03-2017 18:15

Jakarta, GATRAnews - Anggota Komisi III Fraksi PKS Tifatul Sembiring menyebutkan, partainya telah melakukan klarifikasi terhadap anggota dewan dari PKS yang turut disebut dalam mega korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

 
Dari nama yang dibacakan hakim dalam sidang dakwaan, Kamis (9/3) pekan lalu, terdapat nama anggoa dewan seperti Jazuli Juwaini dan Tamsil Linrung. Jazuli disebut menerima USD 15 Ribu dan Tamsil sebesar USD 700 ribu.
 
“Sudah (Klarifikasi) misalnya, Pak Jazuli. Pak Jazuli di masa itu (2010-2011) tidak jadi anggota Komisi II tapi didakwaan disebut dia Kapoksi (Kepala kelompok Fraksi). Bagaimana dia mau jadi Kapoksi, dia bukan di Komisi II waktu pembahasan e-KTP,” tegas Tifatul di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (13/7).
 
Selain dari partai, mantan Menkominfo ini meyakini, Jazuli secara pribadi juga telah memberikan klarifikasi duduk perkara kasus ini. Sedangkan untuk Tamsil Linrung, belum sempat dilakukan karena yang bersangkutan masih kurang sehat.
 
Ditanya lebih lanjut, apakah PKS secara kelembagaan akan menempuh jalur hukum mengingat nama kadernya ini ‘dicatut’ dalam proyek yang menyebabkan negara merugi Rp 2,3 trilyun?
 
“Itu terserah kepada yang disebutkan masing-masing. Apakah itu merupakan sesuatu yang ada delik hukumnya dan sebagainya. Menurut saya, jalankan proses, kalaupun mau mengadukan balik, itu hak orang sebagai warga negara, asal jangan main kekerasan aja,” demikian Tifatul.


Reporter: Wem Fernandez 
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
13-03-2017 18:15