Main Menu

Anies-Sandi Unggul Tipis, Pemenang Pilkada DKI Sulit Diprediksi

Abdul Rozak
15-04-2017 19:36

Dua pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta (Antara/M Agung Rajasa/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Elektabilitas pasangan calon Anies Baswedan-Sandiaga Uno menang tipis dibandingkan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat. Anies-Sandi memperoleh 48,2% dan Basuki-Djarot 47,7%.


Selisih kedua paslon sangat tipis yaitu 0,5%. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengaku sulit untuk memprediksi siapa pemenang Pilkada DKI Jakarta 2017.


"Selisih keduanya sangat tipis. Kalau ditanya siapa pemenang Pilkada DKI Jakarta, hanya bisa jawab Wallahualam," ujar Burhanuddin di diskusi Peta Elektoral Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/4) sore.


Burhanuddin mengatakan, Anies-Sandi belum bisa tenang dengan hasil tersebut. Sementara itu, Ahok (Basuki)-Djarot tidak perlu berkecil hati karena masih ada swing voters atau yang belum menentukan pilihan sebesar 4,4%.


"Anies-Sandi sedikit unggul tapi sangat tidak signifikan. Ini memang pertanda baik tapi dalam kurung. Begitu juga Ahok-Djarot sama dengan lawannya," pungkasnya.


Survei dilakukan tanggal 12-14 April 2017 terhadap 1.000 responden warga Ibu Kota yang memiliki hak pilih berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT). Namun responden yang berhasil diwawancara 495 responden (49,5%).


Burhanuddin mengklaim survei Indikator Politik Indonesia ini 'fresh from the oven' menggunakan metode stratifoed systematic sampling. Tingkat kepercayaan survei 95% dan margin of error kurang lebih 4,5%.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
15-04-2017 19:36