Main Menu

Pemerintah Bubarkan Ormas Hizbut Tahrir Indonesia

Ervan
08-05-2017 14:23

Menko Polhukam Wiranto (GATRA/Jongki Handianto/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Pemerintah melalui Kementrian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Langkah tersebut diambil setelah Menko Polhukam Wiranto memimpin rapat koordinasi terbatas dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (8/5).

"Siang ini kami melakukan finalisasi objek ormanisasi yang jumlahnya banyak. Dalam ormas yang tujuan dan azas yang menuju satu titik berdasarkan ideologi bangsa yakni Pancasila," kata Wiranto.

Pembubaran HTI menurut Wiranto dalam rangka menindaklanjuti saran Presiden Joko Widodo agar ormas yang bertentangan dengan Pancasila

dilakukan langkah yang tegas. Nantinya pembubaran HTI akan dilakukan lewat proses hukum yang berlaku sesuai Undang-Undang.

"Jadi sebenarnya sudah jelas bahwa kita membuabarkan tentu dengan langkah hukum, oleh karena itu nanti ada proses kepada satu lembaga peradilan. pemerintah tidak sewenang wenang, tetapi tetap bertumpu pada hukum yang berlaku di idonesia," ucapnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur HIdayat

 

 

Ervan
08-05-2017 14:23