Main Menu

HTI Ormas Anti Pancasila? Ismail: Kami Ormas Dakwah Islam

Wem Fernandez
10-05-2017 14:22

Jakarta, GATRAnews - Juru Bicara Ormas HTI, Ismail Yusanto membantah tudingan yang berkembang selama ini bahwa mereka merupakan ormas anti Pancasila dan UUD 1945. Sebaliknya, sebagai ormas dakwah islam, arah gerakan HTI sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

 
"Anti Pancasila itu kan tuduhan, tudingan. Dalam pandangam kami, tudingan itu tidak benar, karena HTI organisasi dakwah dan menyampaikan ajaran Islam. Ajaran Islam tidak pernah bertentangan dengan Pancasila dan yang disampaikan HTI adalah sepenuhnya ajaran Islam, baik itu syariah, aqidah, maupun khilafah," tegasnya dalam pertemuan dengan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Fadli Zon, Senayan, Jakarta, Rabu (10/5).
 
Ismail menambahkan, dalam UU Ormas khususnya Pasal 59, disebutkan bahwa ormas dilarang menyampaikan ajaran yang bertentangan dengan Pancasila. Bertentangam dengan Pancasila, sambung dia, misalnya paham atheisme, leninisme dan marxisme.
 
Pun dalam AD/ART HTI secara jelas menegaskan bahwa HTI adalah organisasi dakwah Islam yang bergerak di Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

"Yang pasti bahwa kami ini melakukan dakwah dan di dalam AD/ART kami disebut organisasi dakwah," singkat Ismail.
 
Dengan argumentasi ini, HTI berharap pimpinan DPR dapat menyampaikannya kepada pemerintah dalam rangka fungsi pengawasan. Bagi Ismail, apa yang direncanakan pemerintah tidak memiliki dasar hukum yang jelas.
 
"Jadi tentu saja kami tidak menginginkan langkah yang diambil pemerintah ini terus berlanjut karena HTI  merupakan organisasi legal, memiliki hak konstitusional untuk melakukan kegiatan dan itu adalah kegiatan dakwah, menyampaikan ajaran Islam," tutupnya.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
10-05-2017 14:22