Main Menu

Kejagung Siap Berikan Informasi Ormas Bertentangan dengan Pancasila

Iwan Sutiawan
15-07-2017 12:30

Jaksa Agung H Muhammad Prasetyo (GATRAnews/Abdurachman/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Kejaksaan Agung (Kejagung) siap memberikan masukan dan berbagai informasi serta data tentang organisasi kemasyarakatan (ormas) yang akan dibubarkan oleh pemerintah karena ingin mengganti Pancasila.



"Kalau nanti diperlukan data-data, masukan lain termasuk dari pihak Kejaksaan, ya akan kita berikan, apakah ada pelanggaran hukum, ujaran-ujaran atau sikap tindakan yang nyata-nyata memang itu bertentangan Pancasila atau mengubah tatanan negara," kata Jaksa Agung H Muhammad Prasetyo di Jakarta akhir pekan ini.

Menurut Prasetyo, Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (UU Ormas) merupakan langkah pemerintah untuk memperbaiki UU.

Dalam Perppu tersebut, lanjut Prasetyo, mengatur mekanisme pembubaran ormas yang bertentangan atau ingin mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

"Nanti ada mekanismenya. Kan dalam Perppu disebutkan, yang membubarkan Ormas yang dinilai bertentangan dengan Pancasila adalah lembaga yang mengeluarkan izin kepada ormas itu," katanya.


Reporter: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
15-07-2017 12:30