Main Menu

World Zakat Forum Ajak Lembaga Zakat Sedunia Bantu Rohingya

Riana Astuti
04-09-2017 22:48

Sekjen WZF, Prof Dr Bambang Soedibyo (GATRAnews/RAS)

Jakarta, GATRAnews - Forum Zakat Dunia (World Zakat Forum) menghimpun dana bantuan kemanusiaan untuk etnis Muslim Rohingya di Myanmar. Hal ini disampaikan secara resmi oleh Sekertaris Jenderal WZF, Prof. Dr Bambang Sudibyo, dalam konferensi pers di Kantor Baznas, Jakarta (4/9).

Bambang menuturkan bahwa, WZF bersinergi dengan stakeholders pengelola zakat, akademisi dan organisasi zakat lainnya. yang memiliki perhatian sama terhadap pengungsi Rohingya. "WZF sangat menyesalkan krisis kemanusiaan di Myanmar yang berdampak sangat buruk terutama bagi etnis muslim Rohingya," papar Bambang Soedibya.

WZF mengajak untuk membuat langkah yang strategis dan efektif untuk mengakhiri krisis kemanusiaan melalui kerjasama kuat antara negara-negara muslim dan institusi internasional dan multilateral. "Kerjasama ini juga termasuk menyediakan bantuan untuk para pengungsi Rohingya yang tersebar di beberapa bagian dunia," ujar Bambang.

WZF yakin krisis kemanusiaan Rohingya dapat terselesaikan. Terlebih pada saat ini sudah ada 21 negara yang masuk ke dalam anggota, seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, India, Indonesia, Arab Saudi, Qatar, Bangladesh, Brunei Darussalam, Yordania, Kuwait, Turki, Bosnia dan Herzegovina, Inggris Raya, Mesir, Maroko, Uganda, Sudan, Nigeria, South Afrika dan Amerika Serikat.

Baznas Salurkan Bantuan Ke Rakhine

Badan Amil Zakat Nasional ( BAZNAS) yang masuk menjadi WZF turut menyalurkan bantuan kebutuhan bagi para pengungsi dengan zakat, infak dan sedekah yang ditunaikan oleh muzaki BAZNAS. BAZNAS sendiri telah memberikan bantuan, hingga saat ini dana yang terhimpun mencapai Rp 300 juta. BAZNAS pun masih terus menghimpun dana hingga mencapai target Rp 700 juta.

"BAZNAS sudah memberikan bantuan senilai 300 juta rupiah untuk pengungsi Rohingya. Sejak Ramadan tahun ini bantuan sudah dikirimkan. Kami pun juga telah membangun posko dengan ada local people," ungkap M. Arifin Purkawananta selaku Deputi BAZNAS.

Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan ke dalam 3 program bantuan, berupa bantuan pangan yang direalisasikan dalam bentuk food bank, bantuan pendidikan dan bantuan sanitasi. Sejauh ini bantuan sudah disalurkan ke tiga titik pengungsian.


Reporter: RAS

Editor: Nur Hidayat

Riana Astuti
04-09-2017 22:48