Main Menu

Anies Minta Warga Jakarta Waspada Banjir

Sandika Prihatnala
05-02-2018 16:20

Bendung Katulampa di Kota Bogor (Antara/Yulius Satria Wijaya/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga Jakarta yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung waspada dengan banjir kiriman. Tinggi permukaan air di bendungan Katulampa, Bogor, telah mencapai 240 sentimeter.

Pukul 08.30 WIB, permukaan air di  Katulampa mencapai 220 sentimeter (siaga 1). Diperkirakan air akan sampai ke Jakarta sekitar pukul 13.00 WIB atau bisa lebih cepat lagi.

"Jadi, mungkin akan lebih awal daripada yang diproyeksikan. Jadi warga harus tetap waspada dengan kondisi ini," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/2).

Anies akui menghadapi masalah banjir di Jakarta tidak mudah. Untuk kali ini, banjir kiriman bertepatan dengan naiknya tinggi permukaan air laut di utara Jakarta.

"Antisipasi pertama adalah memastikan hilirnya aman. Karena jangan sampai air dari hulu yang begitu besar sampai di Jakarta terhambat oleh ketinggian permukaan air laut," kata Anies.

Ketinggian air laut di Pantai Marina, Ancol mencapai 184 sentimeter dan di muara sungai 185 sentimeter. Anies menambahkan pintu-pintu air dalam kondisi dibuka penuh.

"Kemudian kita juga memastikan seluruh pompa yang ada di Jakarta dalam status siaga. Berfungsi dan siap untuk memompa," kata Anies. 


Reporter : Abdul Rozak

Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
05-02-2018 16:20