Main Menu

Rieke ”Oneng” Pimpin Massa Buruh Kepung Istana

Abdul Rozak
01-05-2018 10:14

Rieke Diah Pitaloka (tengah), anggota PDIP hadir dalam May Day 2018 (Gatra/Abdul Rozak)

Jakarta, Gatra.com - Aktivis buruh dan politisi PDI Perjuangan (PDIP) Rieke Diah Pitaloka memimpin aksi massa Hari Buruh Internasional atau May Day 2018, Selasa (1/5). Rieke ada di barisan depan aksi dari Bundaran Patung Kuda menuju Istana Merdeka.

 

Memakai pakaian dan topi hitam, Rieke dengan 'pede' memimpin aksi May Day 2018. Kehadiran pemeran 'Oneng' dalam sitkom Bajaj Bajuri ini jadi rebutan buruh untuk berfoto sebelum aksi demo. "Ayo foto dulu, biar semangat sampai siang perjuangin nasib buruh," ungkap Rieke yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Komite Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI).

Pada Senin (30/4) kemarin, Rieke mengungkapkan KRPI bakal memperingati May Day dengan karnaval rakyat, deklarasi, dan pembacaan Panca Maklumat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan Istana Merdeka.

Elemen buruh yang akan ikut dalam aksi tersebut di bawah KRPI antara lain Federasi Pekerja Pos Logistik Indonesia (FPPLI), Federasi Pekerja Pelabuhan Indonesia (FPPI), Komite Nusantara Aparatur Sipil Negara (KNASN), Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI), dan Forum Honorer Kategori II Indonesia (FHK2I).

Dari pantauan Gatra.com, massa yang dipimpin Rieke Diah Pitaloka ini bergerak dari Bundaran Patung Kuda ke Istana pukul 09.00 WIB. Aksi dimeriahkan seni budaya Tanjidor dari serikat buruh. Selain serikat pekerja, aksi May Day 2018 depan Istana Merdeka diikuti guru honorer Jabodetabek. Mereka menuntut segera diangkat menjadi PNS. 


Reporter: Abdul Rozak

Editor: Nur Hidayat

Abdul Rozak
01-05-2018 10:14