Main Menu

Bakar Semangat Buruh, Amien Rais Ajak Robek Topeng Pekerja Asing

Wem Fernandez
01-05-2018 14:08

Aksi buruh pada peringatan May Day International.(GATRA/Adi Wijaya/re1)

Jakarta, Gatra.com - Tokoh reformasi Amien Rais membakar semangat buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) yang menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR/DPD, Selasa (1/5) hari ini.


Dari atas mobil komando Amien merobek topeng buruh kasar asing kemudian mengajak massa aksi untuk melakukan hal yang sama. "Bismilllah," kata Amien kemudian diikuti massa aksi.

Dia juga menyinggung adannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing (TKA). Perpres itu harus dicabut karena sangat tidak masuk akal.

"Tatkala tenaga kerja Indonesia kelimpungan cari kerja, buruh asing masuk. Angkanya betul-betul mengerikan. Jumlahnya ratusan ribu," tutur Amien Rais.

Selain Amien, hadir pula beberapa pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, seperti Fadli Zon dan Fahri Hamzah. Dede Yusuf yang berada di komisi yang membidangi tenaga kerja, Komisi IX DPR juga turut serta menyampaikan orasinya.

Fadli Zon yang kebagian untuk menyampaikan orasinya menyebutkan Perpres bertentangan dengan UUD 1945 Pasal 33.

"Jadi sekarang ini ada peraturan pemerintah, Perpres Nomor 20 Tahun 2018 maka ini mengkhianati semangat konstitusi kita," tegas Fadli.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
01-05-2018 14:08