Main Menu

KPK Sita Uang Ratusan Juta Saat OTT di Jakarta

Iwan Sutiawan
05-05-2018 02:35

Juru bicara KPK Febri Diansyah. (GATRA/Adi Wijaya/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang sekitar ratusan juta rupiah yang diduga sebagai uang suap. Uang tersebut merupakan hasil dari operasi tangkap tangan (OTT) terhadap 9 orang di Jakarta.

"Ada 9 orang yang diamankan dan sejumlah uang. Kami duga telah terjadi transaksi pemberian uang pada penyelenggara negara," kata Febri Diansyah, juru bicara KPK di Jakarta, Sabtu dinihari (5/5).

Uang sekitar ratusan juta rupiah tersebut diduga sebagai suap untuk memuluskan proses pengusulan anggaran. Namun Febri belum bersedia menyampaikan anggaran apa yang hendak digolkan.

"Uang yang diamankan sekitar ratusan juta rupiah yang diduga terkait dengan proses usulan penganggaran," ujarnya.

Dalam OTT yang berlangsung di Jakarta pada Jumat malam (4/5) tersebut, Tim Satgas KPK menangkap 9 orang di antaranya merupakan anggota DPR RI yang membidangi masalah keuangan serta beberapa pihak dari unsur lainnya.

"Sembilan orang yang diamankan terdiri dari anggota DPR RI yang membidangi keuangan, swasta, dan unsur lain," kata Febri.

Kini kesembilan orang yang ditangkap dan uang sekitar ratusan juta telah dibawa ke kantor KPK. Kesembilan orang itu langsung menjalani pemeriksaan intensif untuk ditentukan statusnya dalam kasus ini. "KPK diberikan waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status pihak-pihak tersebut," kata Febri.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
05-05-2018 02:35