Main Menu

Deklarasi #2019GantiPresiden Tetap Diadakan di Patung Kuda

Hidayat Adhiningrat P.
06-05-2018 09:24

Acara Deklarasi #2019GantiPresiden. (GATRA/Abdurachman/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Relawan #2019GantiPresiden sudah mulai memadati lokasi deklarasi di Patung Kuda dekat Monas, Jakarta, Minggu (6/5/2018). Massa yang datang didominasi oleh massa yang memakai kaus dengan hashtag #2019GantiPresiden berwarna putih dan hitam.

 

Sebelumnya, Deklarator #2019GantiPresiden, Mardani Ali Sera, menyatakan akan ada sekitar 300 relawan yang mendeklarasikan diri hari ini. Jumlah itu sesuai dengan izin dari kepolisian.

Deklarasi awalnya memang akan dilakukan di bundaran air mancur Patung Kuda, dekat Monas. Namun lokasi itu dianggap terlalu dekat dengan area car free day (CFD). Setelah mendengarkan berbagai pertimbangan, lokasi pun dipindahkan ke depan Istana Merdeka, daerah taman aspirasi.

Namun, akhirnya lokasi deklarasi tetap menggunakan area patung kuda. Mardani, dalam keterangannya, mengatakan bahwa lokasi deklarasi akhirnya dipindahkan lagi ke titik awal.

"Kami berkeras di Taman Aspirasi, tapi polisi meminta kita balik ke Patung Kuda. Alasannya ada dua kebaktian di Taman Aspirasi," kata Mardani.

Sementara itu, Polisi melalui Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, mengatakan bahwa pihaknya telah mempersilakan deklarasi yang berdekatan dengan area car free day (CFD) itu.

Meskipun, spanduk-spanduk berisi tulisan 'Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). Tidak boleh untuk kepentingan partai politik dan SARA serta orasi menghasut' dipasang Satpol PP DKI di sejumlah titik dan beberapa jembatan penyeberangan orang (JPO) di area CFD.


Reporter: Hidayat Adhiningrat P

Editor : Sandika Prihatnala

 

 

Hidayat Adhiningrat P.
06-05-2018 09:24