Main Menu

Polemik Daftar 200 Mubalig, HNW Sarankan Kemenag Konsultasi

Wem Fernandez
22-05-2018 13:28

Hidayat Nurwahid (ANTARA/Ismar Patrizki/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) menyarankan Kementerian Agama (Kemenag) untuk berkonsultasi dengan semua stakeholder umat islam terkait rekomendasi 200 nama mubalig. Hal ini perlu dilakukan menyusul polemik yang muncul di tengah masyarakat karena Kemenag tidak menyebutkan indikator kenapa nama-nama tersebut dipilih dan mengapa yang lain tidak dipilih. 

 


“Kemenag perlu berkonsultasi, bermusyawarah dengan umat beragama. Dalam hal ini MUI, NU, Muhammadiyah atau ormas-ormas islam yang berhimpun dalam MUI. Tentu untuk membahas, apakah hal ini menghadirkan manfaat atau lebih banyak mudaratnya,” jelas HNW di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, (22/5). 

 
Apalagi, HNW menambahkan, Kemenag juga tidak hanya mengurusi satu agama semata tetapi merupakan payung yang membawahi semua agama di Indonesia. Alhasil, dengan mengeluarkan rekomendasi 200 nama mubalig, maka Kemenag perlu menjelaskan bagaimana penanganan agama-agama lain. 

 
“Wajar saja bila kemudian beliau (Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin)  juga mempertimbangkan untuk kmudian mengkaji tentang hal sejenis bagi agama-agama yang lain. Supaya ada keadilan di Indonesia, masalah keagamaan harus bisa  membawa kemashalatan dan tidak diskriminasi,” ujar HNW.


 


Reporter : Wem Fernandez

Editor: Hendri Firzani  

Wem Fernandez
22-05-2018 13:28