Main Menu

Ada 40 Mesjid Jakarta Terpapar Paham Radikal, Ini Yang Akan Dilakukan Pemprov DKI

Abdul Rozak
06-06-2018 04:55

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Antara/Galih Pradipta/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sudah mengantongi data 40 mesjid di ibu kota yang diduga telah disusupi paham radikal. Ke-40 mesjid tersebut menjadi prioritas Pemprov DKI Jakarta untuk dibebaskan dari paham radikal.

 

"Kami sudah punya data, ada di Biro Dikmental dan Bazis," ungkap Sandiaga kepada wartawan saat berkunjung ke Kepulauan Seribu, Selasa (5/6). Sandi menambahkan Pemprov DKi Jakarta akan mengadakan sejumlah kegiatan deradikalisasi  di 40 mesjid tersebut.

Tidak terkecuali program-program yang sedang dijalankan Pemprov DKI yaitu antara lain program OK OCE dan program pendidikan lainnya.

Kabar adanya puluhan mesjid terpapar paham radikal di Jakarta muncul setelah Presiden Jokowi berdiskusi dengan 42 tokoh praktisi sosial, budaya, pendidikan, dan agama di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (4/6). Jokowi dan para tokoh membicarakan mengenai paham radikal di sejumlah mesjid di Ibu Kota.

Tidak hanya terpapar, di mesjid masjid  tersebut juga mengajarkan paham radikal. Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra mengungkapkan kondisi tersebut diungkapkan Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Alissa Wahid. "Mbak Alissa mengatakan sekitar 40 mesjid yang dia survei di Jakarta penceramahnya radikal, dia (mesjid-mesjid itu) mengajarkan intoleransi dan radikalisme," ujar Azyumardi.

 


Reporter: Abdul Rozak

Editor: Hendri Firzani

Abdul Rozak
06-06-2018 04:55