Main Menu

Proses Denuklirisasi Membutuhkan Waktu yang Lama

Gandhi Achmad
12-06-2018 21:20

Presiden AS Donald Trump.(REUTERS/Kevin Lamarque /re1)

Singapura, Gatra.com - Pertemuan bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un di Pulau Sentosa, Singapura telah berlangsung lancar, pada Selasa (12/6).

 

Menurut laporan The Guardian, Trump mengakui sepanjang pembicaraan selama 5 jam itu, ia juga  banyak mendiskusikan dengan Kim persoalan hak asasi manusia secara panjang lebar. “Kami mendiskusikannya hari ini, cukup kuat. Kami akan melakukan sesuatu. Sangat kasar di banyak tempat,” katanya.

 

Ditanya tentang sanksi, Trump mengatakan dia melihat ke depan untuk mengangkat Korea Utara. "Sanksi akan keluar (dicabut) ketika kami yakin nuklir tidak lagi menjadi faktor," kata Trump.

 

Lalu, ketika ditanya tentang deadline, Trump pun dengan santai mengatakan bahwa denuklirisasi membutuhkan waktu lama secara ilmiah.

 

Selain itu, Trump mengaku dirinya telah mengundang Kim untuk datang ke Gedung Putih pada waktu yang tepat. Presiden AS ke-45 ini pun mengatakan dia juga ingin melakukan perjalanan ke Pyongyang pada waktu yang tepat.


 

Editor : Gandhi Achmad

Gandhi Achmad
12-06-2018 21:20