Main Menu

Pemerintah Cina : Masyarakat Internasional Harus Mempertimbangkan untuk Mencabut Sanksi Ekonomi Terhadap Korea Utara

Gandhi Achmad
12-06-2018 21:50

Ilustrasi.(Shutterstock/re1)

Singapura, Gatra.com – Cina angkat bicara merespon pertemuan bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un di Pulau Sentosa, Singapura,Selasa (12/6).

 

Kementerian luar negeri Cina mengatakan masyarakat internasional harus dapat mempertimbangkan untuk mencabut sanksi ekonomi terhadap Korea Utara setelah perjanjian yang sudah ditandatangani.

 

Usulan tersebut, seperti dikutip Reuters, oleh pejabat Cina dikatakan bahwa kebijakan AS dalam tekanan maksimum dan sudah menunjukkan tanda-tanda retak. Cina mewakili lebih dari 90 persen perdagangan Pyongyang dan berada dalam posisi untuk memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan bagi rezim yang terisolasi.

 

Sudah ada laporan bahwa pesona ofensif Kim telah menyebabkan Cina mengendurkan pembatasan perdagangan dengan Korea Utara, karena melanggar sanksi PBB.

 

Menurut Cina, semua itu datang tanpa konsesi substansial dari Pyongyang, meskipun ada janji dari Gedung Putih bahwa sanksi tekanan maksimum akan bertahan sampai Korea Utara melepaskan senjata nuklirnya.


 

Editor : Gandhi Achmad

Gandhi Achmad
12-06-2018 21:50