Main Menu

Sekjen PBB Mendesak Semua Pihak untuk Mendukung Hasil Pertemuan Kim-Trump

Gandhi Achmad
12-06-2018 22:03

Sekjen PBB Antonio Guterres (REUTERS/Murad Sezer/re1)

Singapura, Gatra.com – Sekjen PBB, Antonio Guterres, menyambut baik KTT yang mempertemukan Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un di Pulau Sentosa, Singapura,Selasa (12/6).

 

Menurut Guterres, pertemuan bersejarah itu adalah langkah pertama yang penting dan mendesak kedua belah pihak untuk berkompromi.

 

"Sekretaris Jenderal menyambut penyelenggaraan KTT antara para pemimpin Republik Demokratik Rakyat Korea dan AS sebagai tonggak penting dalam kemajuan perdamaian berkelanjutan dan denuklirisasi lengkap dan dapat diverifikasi di Semenanjung Korea,” bunyi pernyataan dari kantor Sekjen PBB, seperti dikutip The Guardian.

 

Menurutnya, sebagaimana Sekretaris Jenderal mencatat dalam surat-surat kepada kedua pemimpin sebelum KTT dimulai. Bahwa jalan kedepan sangatlah membutuhkan kerja sama, kompromi dan tujuan bersama.

 

“Menerapkan perjanjian hari ini dan sebelumnya yang dicapai, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan (PBB) yang relevan, akan membutuhkan kesabaran dan dukungan dari komunitas global,” katanya.

 

Sekjen PBB mendesak semua pihak yang terkait untuk memanfaatkan peluang penting tersebut dan menegaskan kembali kesiapannya untuk mendukung sepenuhnya proses yang sedang berjalan.


 

Editor : Gandhi Achmad

Gandhi Achmad
12-06-2018 22:03