Main Menu

Sambut Pertemuan Trump - Kim Jong Un, Perdana Menteri Denmark : Tetapi Sejarah Menunjukkan Kita Tetap Harus Waspada

Gandhi Achmad
12-06-2018 22:24

Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen.(Reuters/re1)

Singapura, Gatra.com – Presiden Korea Selatan, Moon Jae In, telah mengeluarkan penilaian yang lebih positif tentang KTT yang mempertemukan Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6).

 

Moon menyebut pertemuan itu sebagai "bersejarah". Korea Selatan memuji KTT tersebut sebagai bab baru dalam perdamaian dan kerja sama.Seperti dilansir The Guardian, dalam sebuah pernyataan, ia mengingatkan ke depan mungkin akan masih ada banyak kesulitan. “Tetapi kita tidak akan pernah kembali ke masa lalu lagi,” ucap Moon.

 

Moon mengatakan Kim akan selalu diingat sebagai seorang pemimpin yang membuat momen bersejarah dengan mengambil langkah berani pertama di dunia.

 

“Berdasarkan kesepakatan yang dicapai hari ini, kami akan mengambil jalan baru untuk maju. Meninggalkan hari-hari gelap perang dan konflik di belakang, kami akan menulis babak baru perdamaian dan kerja sama,” kata Moon.

 

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menyambut pernyataan bersama itu sebagai langkah pertama dalam denuklirisasi Korea Utara. "Kami melihat ini sebagai langkah dalam resolusi yang komprehensif," kata Abe di Tokyo.

 

Abe menambahkan bahwa dia ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Trump karena mengangkat masalah penculikan. “Merujuk pada permintaan Jepang bahwa Pyongyang akan membebaskan orang Jepang yang tersisa yang diculik untuk melatih mata-mata mereka (Korut),” katanya.

 

Hal senada juga diutarakan Denmark, bahwa pertemuan tersebut merupakan terobosan diplomatik. “Tetapi sejarah menunjukkan kita tetap harus waspada,” kata Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen

"Korea Utara sebelumnya pernah menyetujui perlucutan senjata dan tidak menepati janjinya,” kata Rasmussen.


 

Editor : Gandhi Achmad

Gandhi Achmad
12-06-2018 22:24